Sabtu, 23 Mei 2009

ABSTRAK PTK

A B S T R A K

NUGROHO,S.Pd. Implementasi Media Pengajaran Objek Nyata Yang Dilakasanakan Di Dalam Ruangan Dengan Di Luar Ruangan Terhadap Peningkatan Olah Kreatifitas Siswa Pada Menggambar Bentuk
( Penelitian pada Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri 115 – Jakarta Kelas X ( Sepuluh ). Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Jakarta , Februari 2009.
Salah satu hasil yang akan dicapai dari aspek psikomotor adalah adanya peningkatan kreatifitas siswa. Demikian juga halnya untuk mata pelajaran Seni Budaya di SMA khususnya Seni Rupa. Maka muncul permasalahan sekitar peningkatan kreatifitas siswa.
Guna menjawab permasalah yang ada , diadakan Penelitian Tindakan Kelas guna mengetahui berapa besar peningkatan olah kreatifitas yang diimplementasikan di luar ruangan ( out door ) dengan di dalam ruangan ( in door ) pada menggambar bentuk.
Guna memperoleh data , diadakan penskoran / penilaian dari hasil olah kreatifitas siswa pada menggambar bentuk dengan media pengajaran objek nyata. Penskoran / penilaian dilakukan sebanyak 2 ( dua ) kali dalam 2 ( dua ) kali siklus.
Analisis data merupakan tindak lanjut dari penskoran / penilaian olah kreatifitas siswa yang dilaksanakan di luar ruangan terhadap pelaksanaan di dalam ruangan. Perolehan hasil sebagai berikut :
- siswa yang berhasil meningkatkan kreatifitasnya sejumlah 25 siswa
dari jumlah = 28 siswa.
- siswa yang tidak berhasil meningkatkan kreatifitasnya sejumlah
3 siswa dari jumlah = 28 siswa.
Jika di prosentasekan akan memperoleh hasil peningkatannya = 89 %.
Adanya peningkatan angka prosentase kreatifitas siswa pada olah kreatifitas siswa dalam menggambar bentuk disebabkan karena adanya variasi pada tempat / lokasi yakni : di dalam ruangan ( in door ) dengan di luar ruangan
( out door ).
Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah monitoring serta peran aktif yang dilakukan guru saat pelaksanaan olah kreatifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar