Sabtu, 23 Mei 2009

Lanjutan ...PTK SENI BUDAYA SMAN 115 JAKARTA

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


Kesimpulan
Dengan dilaksanakannya pengumpulan data yang bersifat observasi , pengamatan langsung ( monitoring ) serta refleksi pada setiap siklus , maka dapat ditetapkan beberapa kesimpulan dari upaya peningkatan olah kreatifitas siswa pada menggambar bentuk dengan objek nyata yang dilaksanakan di dalam ruangan / in door ( siklus 1 ) dengan yang dilaksanakan di luar ruangan / out door ( siklus 2 ).
Kesimpulan yang didapat adalah :
1. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan , didapatkan adanya peningkatan hasil olah kreatifitas siswa pada menggambar bentuk dengan objek nyata yang dilaksanakan di luar ruangan ( out door ) terhadap yang dilaksanakan di dalam ruangan ( in door ).
2. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya prosentase tingkat keberhasilan yaitu sebesar 89 % atau sejumlah 25 siswa dari 28 siswa yang diteliti. Melalui perhitungan siklus 2 terhadap siklus 1.


Saran
Dari kesimpulan yang telah diuraikan di atas , maka disarankan agar :
- Guna peningkatan hasil olah kreatifitas siswa yang bersifat psikomotor diharapkan adanya variasi dalam pelaksanaannya termasuk tempat pelaksanaan ( in door atau out door ).
- Kepekaan guru selaku pendidik dalam menentukan tempat pelaksanaan olah kreatifitas siswa sangat dituntut , guna keberhasilan kemaksimalan pencapaian hasil dari setiap indikator yang berbeda.
- Tuntutan lain adalah peran serta aktif dari guru selaku pendidik dalam menyampaikan tugas olah kreatifitas siswa yang bersifat psikomotor , selain sebagai pemberi tugas seharusnya guru juga bertindak selaku pelaksana dari tugas tersebut ( minimal memberikan contoh secara langsung dari setiap langkah pelaksanaan tugas )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar